bagi guru matematika kita sering di pusingkan dalam pembuatan rencana pembelajaran(RPP) ini aku share contoh rpp bagi guru sma
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Sekolah : SMA ....
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas /
Semester : X (Sepuluh) / Ganjil
Alokasi
Waktu :
Pertemuan
Ke :
Standar
Kompetensi : 3. Memecahkan masalah yang berkaitan
dengan sistem persamaan linear dan pertidaksamaan satu variabel.
Kompetensi Dasar : 3.1. Menyelesaikan sistem persamaan linear dan sistem persamaan campuran linear
dan kuadrat dalam dua variabel.
Indikator : 1. Menentukan
penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel.
2.
Memberikan tafsiran geometri dari
penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel.
3. Menentukan
penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel.
A.
Tujuan Pembelajaran
a. Peserta didik dapat menentukan penyelesaian
sistem persamaan linear dua variabel.
b. Peserta didik dapat memberikan tafsiran
geometri dari penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel.
c. Peserta
didik dapat menentukan penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel.
B.
Materi Ajar
a.
Sistem persamaan linier dua variable
Bentuk umum
ax + by = c
dx + ey = f
dengan x dan y disebut variable a, b, d, e disebut koefisien variable, c
dan f disebut konstanta.
Secara umum suatu sistem
persamaan linier ada yang tidak mempunyai penyelesaian, mempunyai tak hingga
penyelesaian, dan mempunyai tepat satu penyelesaian,
1. Jika pada sistem persamaan
linier berlaku =
=
, maka sistem persamaan linier itu tidak mempunyai penyelesaian . jika di
gambar pada bidang kartesius maka dua garis pada sistem persamaan linier itu
sejajar
2. Jika pada sistem persamaan
linier berlaku =
≠
, maka sistem persamaan linier itu
mempunyai tak hingga penyelesaiaan. Jika digambar pada bidang cartesius maka
dua garis pada sistem persamaan linier itu berhimpit.
3. Jika pada sistem persamaan
linier berlaku ≠
atau ≠ , maka sistem persamaan linier itu
mempunyai tepat satu penyelesaian. Jika digambar pada bidang cartesius maka dua
garis pada sistem persamaan itu berpotongan.
Cara Menentukan Penyelesaian
a. Metode subtitusi
Metode subtitusi adalah
menentukan penyelesaian sistem persamaan linier dengan cara mengganti salah
satu variable dari salah satu persamaan ke persamaan yang lain.
Langkah langkah penyelesaian SPLDV dengan metode subtitusi :
1. Nyatakan salah satu persamaan
dalam bentuk y = ax + b atau x = cy + d.
2. Subtitusikan y atau x hasil
pada langkah (1) ke persamaan lain.
3. Selesaikan persamaan tersebut
untuk mendapatkan atau
4. Subtitusikan nilai untuk mendapatkan atau subtitusikan utuk mendapatkan
5. Himpunan penyelesaian adalah
{(, )}
b. Metode eliminasi
Metode eliminasi adalah
menentukan penyelesaian sistem persamaan linier dengan cara menghilangkan salah
satu variable dari kedua persamaan. Agar salah satu variable dari kedua
persamaan dapat dihilangakan maka koefisien variable tersebut harus disamakan
terlebih dahulu.
Langkah-langkah penyelesaian SPLDV dengan metode eliminasi
1. Perhatikan koefisien x dan y
2. Jika koefisien sama lakukan
langkah (4)
3. Jika koefisien berbeda,
samakan koefisien terlebih dahulu dengan mengalikan persamaan-persamaan dengan
konstanta yang sesuai
4. Kurangi persamaan pertama
diri kedua jika tanda sama atau tambahkan jika tanda berbeda, sehingga
diperoleh nilai atau
5. Himpunan penyelesaian adalah
{(, )}
c. Gabungan metode eliminasi dan
subtitusi
Gabungan kedua metode di
atas dapat juga digunakan dalam menentukan penyelesaian sistem persamaan
linier.
C.
Metode Pembelajaran
Ceramah,
tanya jawab, diskusi kelompok.
D.
Langkah-langkah Kegiatan
Kegiatan
|
Karakter
|
Waktu
|
Metode
|
Pendahuluan
v Salam pembuka dan absensi
kehadiran siswa
v Apersepsi
Apersepsi tentang penggunaan persamaan linier dua variable dalam
kehidupan masyarakat
v Motivasi
Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan
dapat menentukan penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel dan
memberikan tafsiran geometri dari penyelesaian sistem persamaan linear dua
variabel.
|
Religius
kedisplinan
|
20
menit
|
Ceramah
|
Kegiatan
Inti
A.
Eksplorasi
1. Guru memberi rangsangan
kepada peserta didik tentang persamaan linier dua variable
2. Guru memberikan contoh
pengunaan persamaan linier dua variable dalam kehidupan sehari-hari
3. Guru memberikan tugas
berupa soal-soal yang harus dikerjakan peserta didik
B.
Elaborasi
1.
Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan
atau mempresentasikan cara menentukan penyelesaian sistem persamaan linear
dua variabel dan memberikan tafsiran geometri dari penyelesaian sistem
persamaan linear dua variabel.
2.
Peserta didik yang lain menanggapi presentasi
dari temanya
C.
Konfirmasi
a.
Jika jawabanya salah maka guru menanggapi soal
tersebut yang berupa jawaban dari soal-soal yang diberikan
|
Mandiri
Ketelitian
Percaya
diri
Tanggung
jawab
Percaya
diri
Ketelitian
|
20
menit
20
menit
20
menit
|
Ceramah
Diskusi
Diskusi
|
Penutup
a. Peserta didik dan guru
melakukan refleksi.
b. Peserta didik diberikan
pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi sistem persamaan linear dua
variabel dari soal latihan dalam buku paket pada hal. 136-138 yang belum
terselesaikan di kelas atau dari referensi lain
|
Tanggung
jawab
|
10 menit
|
ceramah
|
E.
Alat dan Sumber Belajar
Sumber :
- Buku paket, yaitu buku Super
Matematika untuk SMA dan MA kelas X karangan R. Leni Murzaini
- Buku referensi lain.
Alat :
- Laptop
- LCD
- OHP
F.
Penilaian
Indikator
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrument
|
Contoh Instrument
|
||
-
Menentukan penyelesaian sistem persamaan linear
dua variabel.
-
Memberikan tafsiran geometri dari penyelesaian
sistem persamaan linear dua variabel
-
Menentukan penyelesaian sistem persamaan linear
dua variabel
|
-
tugas kelompok
-
kuis
-
ulangan harian
-
tugas individu
|
-
Uraian singkat.
-
Urain obyektif
-
Pilihan ganda
|
1. Tentukan nilai (x,y) yang
memenuhi sistem persamaan berikut
a. 2x – y = 11
X + 4y = -8
b. 2x – y = 6
3x + 2y = 2
2.
Himpunan penyelesaian sistem
penyelesaian 3x – 5y =5 dan 2y = x - 1 adalah α dan β. Tentukan nilai αβ
3.
Tentukan nilai x yang memenuhi persamaan dan
|
||
Lamongan, 28 oktober 2011
Mengetahui,
|
|||||
kepala sekolah
|
guru bidang study
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar